top of page
  • Writer's pictureJatim Raya Group

PAHAMI 3 PERBEDAAN ANTARA CABLE DUCT, KABEL TRAY, DAN KLEM KABEL!

Updated: Jun 16, 2023


Ilutrasi manajemen kabel: https://www.cableorganizer.com


Terdapat 3 aksesoris yang sudah tidak asing lagi dalam dunia perkabelan salah satunya yaitu cable duct, kabel tray, dan klem kabel. Ketiga jenis benda ini sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi kabel, dan merapikan kabel agar tetap tampak rapih dan estetik. Sehingga perlu untuk kita memahami perbedaan ketiga jenis aksesoris ini, dan mengapa ketiga aksesoris ini menjadi komponen penting. Simak penjelasannya berikut ini.


Penting untuk Melakukan Manajemen Penyusunan Kabel Listrik

Merapikan jalur kabel listrik termasuk hal yang penting. Ada banyak sekali manfaat yang akan kita terima ketika memutuskan untuk melakukan manajemen kabel pada hunian kita antara lain:

1. Kabel tidak akan mudah rusak dan lebih tahan lama karena terlindungi dari faktor resiko tertindih ataupun tertendang.

2. Keamanan akan akan terjaga seperti terhindar dari bahaya seperti konsleting listrik, kebakaran, ataupun tersandung kabel.

3. Kabel tidak akan cepat panas.

4. Kabel juga tidak akan terlihat menggantung, kabel yang menggantung ini bisa membahayakan penghuni rumah/gedung/kantor.

5. Rumah akan menjadi lebih estetik dan lebih cantik.

Agar hunian tetap telihat estetik dan rapih, cable duct, kabel tray, dan klem kabel akan membantu mewujudkan tujuan kalian. Tetapi sebelumnya penting untuk memahami ketiga benda tersebut, berikut penjelasannya!


1. Cable duct

Cable duct / Cable duct adalah dak kabel yang dirancang khusus agar konstruksinya dapat masuk ke semua jenis rumah yang akan dipasang di bawah permukaan tanah dan dalam pemasangannya akan diletakkan dalam pipa pada permukaan tanah. Cable duct memiliki banyak jenis yaitu, Curva, TC, PSD. Singkatnya, cable duct akan ditanamkan pada hunian anda dan tidak akan terlihat karena letaknya di atap, dinding. Cable duct ini akan berfungsi sebagai jalur kabel listrik pada hunian anda. Cable duct terbuat dari material PVC, dan bahan PVC ini sangat sering digunakan dalam hunian rumah, gedung, dan lain-lain. Jika diidentifikasi lebih lanjut berdasarkan kegunaannya cable duct terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Tipe Cable Trunking



Cable duct tipe trunking ini adalah termasuk jenis cable duct yang simple dan seringkali digunakan untuk pada hunian rumah, gedung untuk melindungi kabel dari air atau debu. Bentuk pada cable duct trunking biasanya berbentuk persegi panjang, curva, persegi, trapesium dan dirancang khusus dengan salah satu sisinya dapat dibuka ataupun ditutup. Pada cable duct jenis industrial trunking ini dibuat dengan material bahan PVC yang berkualitas tinggi, posisi pada penutup juga dirancang khusus agar dapat mempermudah dalam pemasangan kabel saat perbaikan ataupun saat perawatan.


2. Kabel tray

Kabel tray berfungsi untuk menjadi wadah menyusun kabel agar telihat rapih, dan juga kabel tray ini juga sangat fleksibel karena kabel juga akan mudah ditelusuri terlihat dari fungsinya hampir sama, tetapi jika diperhatikan lebih detail kabel tray / cable tray dan cable duct memiliki perbedaan yang cukup banyak. Meskipun fungsinya sama-sama untuk merapikan susunan kabel, tetap ada beberapa perbedaan antara cable duct dan cable tray, yaitu:

1. Cable duct mempunyai penutup sedangkan pada kabel tray biasanya tidak memiliki penutup akan tetapi ada juga kabel tray yang memiliki penutup.

2. Cable duct biasanya difungsikan untuk kabel yang akan ditanam, dan kabel tray berfungsi untuk kabel yang tidak ditanam / kabel akan terlihat.

3. Kabel yang berada di dalam cable duct biasanya diikat, sedangkan pada kabel dalam kabel tray akan diikat menggunakan kabel ties.

4. Pada cable duct tidak memiliki lubang sedangkan pada kabel tray memiliki banyak sekali lubang yang berujuan untuk memberikan ruang bagi kabel kecil untuk dilewatkan melalui tray untuk dihubungkan ke bagian tertentu.


Ada beberapa material yang dipakai untuk pembuatan Kabel tray, antara lain:

1. Aluminium.

2. Kabel Tray material PVC.

3. Baja Galvanis / Baja tidak berkarat.

  • Kabel Tray Berlubang

Cable tray berlubang memiliki banyak lubang yang biasa disebut dengan ventilasi tray. Tujuan dari ventilasi atau lubang pada kabel tray agar sirkulasi udara lancar sepanjang kabel. Selain itu juga debu ataupun air akan berjatuhan pada lubang tersebut. Kabel yang memiliki ukuran kecil juga bisa dilewatkan melalui lubang-lubang yang berada pada cable tray. Lubang-lubang yang berada pada kabel tray juga akan memberikan ruang cukup yang bertujuan untuk melepaskan panas yang diakibatkan oleh kabel listrik dan memperkecil kemungkinan panas yang terjebak dalam cable tray, selain itu ukuran/ jenis dan harga pada cable tray ini juga bervariasi. Merek yang tersedia juga sangat banyak, salah satu rekomendasi cable tray terbaik yang dapat kamu gunakan pada hunian / gedung / kantor yaitu merek Niso, selengkapnya klik disini.


3. Klem Kabel / Pipa

Klem kabel biasanya dikenal dengan sebutan jepitan kabel, yang merupakan sebuah fitting logam bertujuan untuk menggabungkan kabel. Klem kabel memiliki kelebihan, antara lain:

1. Pemasangan klem kabel akan mencegah terjadinya kerusakan kabel karena terbuka atau terkena paparan langsung

2. Klem kabel akan memberikan dampak estetika karena akan terlihat tersusun dengan rapih.

3. Klem kabel akan membuat instalasi memiliki jangka waktu yang lama karena instalasi menjadi kuat dan aman.


Kesimpulan dari ketiga jenis produk diatas dapat diamati dari beberapa sudut pandang, antara lain:

1. Jangka Waktu Pemakaian

Pada jangka waktu pemakaian ketiga jenis produk tersebut adalah pilihan yang terbaik, karena ketiga jenis produk tersebut tidak akan mudah berkarat sehingga akan lebih awet dalam jangka waktu pemakaiannya.


2. Memberikan Kemudahan Dalam Instalasi

Jika dilihat dari faktor kemudahan dalam instalasi, ketiga produk ini memiliki nilai plus karena sangat mudah dalam pemasangan buka-tutup slot sehingga kita tidak perlu khawatir atau kebingungan dalam proses instalasinya.


3. Estetika

Dilihat dari sisi estetika ketiga produk ini sangat membantu untuk merapihkan kabel dan memberikan nilai estetika pada ruangan sehingga tampilan pada hunian akan semakin rapih dan terlihat elegan.


4. Keamanan

Tidak perlu khawatir dengan keamanan pada produk ketiga jenis produk ini, karena ketiganya telah memiliki keamanan yang tinggi sehingga tetap menjaga kabel tetap aman dan terawat.

5. Harga beli

Harga beli untuk ketiga jenis produk ini juga sangat terjangkau dan ramah dikantong, sehingga tidak perlu khawatir dengan harga ketiga jenis produk ini.


Dari ketiga produk diatas, memiliki fungsi dan peranan masing-masing pada instalasi kabel. Saat ini kamu tidak perlu khawatir. Kini, Niso hadir untuk membantu kamu menikmati ketiga jenis produk diatas dengan berbagai macam pilihan ukuran dengan harga terbaik yang dapat kamu miliki. Niso Indonesia sudah tersertifikasi Tersertifikasi ISO-9001:2015, sehingga dapat menjamin kualiatas produk yang akan kamu miliki 100% memuaskan.


Jika anda tertarik untuk mendapatkan penawaran bisnis atau grosir secara khusus, hubungi kami dengan mengisi formulir penawaran berikut pada inquiry form atau hubungi tim marketing kami dengan Chat via WhatsApp. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

bottom of page